Hubungan Mutu Pelayanan Farmasi dan Fasilitas dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi BLUD RSUD Kota Langsa

Abstract

Instalasi Farmasi Rumah Sakit sebagai penyelenggara pelayanan farmasi harus mampu memberikan pelayanan yang bermutu, yaitu dengan memenuhi kebutuhan dan kepuasan pasien sesuai standar yang berlaku. Makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan farmasi dan fasilitas dengan kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi BLUD RSUD Kota Langsa. Jenis penelitian ini bersifat analitic, dengan desain cross sectional, penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu mutu pelayanan farmasi dan fasilitas serta menggunakan variabel dependen yaitu kepuasan pasien. Menggunakan data primer dengan jumlah sampel 97 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Data dianalisa secara univariat dan bivariat dengan uji Chi- square disajikan dalam bentuk tabel distibusi frekuensi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 97 responden mayoritas tidak puas sebanyak 54 responden (55,7%). Ada hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi BLUD RSUD Kota Langsa dengan p-value 0,000 (p<0,05) dan ada hubungan antara fasilitas dengan kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi BLUD RSUD Kota Langsa dengan p-value 0,000 (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini bahwa mutu pelayanan dan fasilitas di Instalasi farmasi masih dalam kategori kurang baik. Disarankan untuk memberikan pelayanan yang bermutu sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pasien dan menambah kelengkapan fasilitas serta menjaga fasilitas agar tetap dalam keadaan baik untuk meningkatkan kepuasan pasien.