Pembelajaran Istima' Berbasis Online; Blended Learning dalam Istima’ I
Abstract
Pembelajaran listning skills merupakan unsur bahasa yang penting dalam rangka suskesnya pencapaian pembelajaran bahasa arab. Tetapi dalam lapangan unsur ini jarang mendapatkan perhatian serius dari peserta didik apalagi penyajian yang kurang menarik. Dengan demikian penelitian ini berusaha menganalisis efektivitas media online guna meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa dalam pembelajaran istima’. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten terhadap strategi pembelajaran istima’ berbasis online dalam perkuliahan Maharah Istima’ dengan menggunakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran istima’ berbasis online dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah istima’ I. Selain itu dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran istima’ dan membantu dalam ketarampilan imla’/menulis.