KOMUNIKASI ISLAM DAN INTERAKSI MEDIA SOSIAL
Abstract
<em>Saat ini tidak dapat lagi di pungkiri bahwa hampir setiap aktivitas seseorang mulai dari anak-anak, remaja, sampai kalangan orang-orang tua sudah pasti telah mengenal media sosial seperti facebook, twitter, instagram, bbm, path, dsb. media sosial cukup banyak menyumbang dampak positif bagi kehidupan masyarakat, tetapi juga bisa berdampak negatif apabila penggunanya terlalu berlebihan. Komunikasi dalam media sosial kini keberadaan menjadi sangat kompleks. Dua aspek komunikasi melebur menjadi satu. Dimana Komunikasi interpersonal melebur dengan komunikasi massa. Pada saat orang mengunggah sesuatu, dan terjadi interaksi dengan pihak lain, maka komunikasi interpersonal terjadi, dan disaat itu juga terjadi komunikasi massa, karena apa yang diunggah bisa langsung terlihat dan menjadi konsumsi khalayak publik. Dengan kenyataan bahwa apa yang seharusnya berada dalam ruang pribadi kini bisa dikonsumsi publik, maka dari itu kehadiran media sosial kiranya perlu diperhatikan lagi. Bukan untuk menghentikan perkembangannya, agar menjadi efektif. Kesadaran diri setiap pengguna penting untuk ditingkatkan dan keberadaan ajaran agama sebaiknya digunakan, mengingat apa yang diunggah akan bisa mempengaruhi citra diri, dan apa yang diunggah bisa berpengaruh pada hubungan yang terjalin dengan pihak lain Kebebasan berpendapat, keleluasaan berbagi yang ditawarkan media sosial hendaknya bisa disikapi secara bijak oleh penggunanya.</em>