BODY OF LITERATURE ILMU KOMUNIKASI DALAM INTERELASI KOMUNIKASI-DAKWAH PERSUASIF

Abstract

<p>Interaksi sosial merupakan salah satu <em>point</em> penentu terbangunnya komunikasi yang efektif. Di mana komunikasi menempatkan dirinya sebagai <em>sui generic</em> atau hal yang berhubungan dengan persoalan paling mendasar dan paling penting di dalam kehidupan. Karena komunikasi menjadi sebuah proses penting yang tidak hanya mempertemukan ide atau gagasan satu orang dengan orang lainnya baik secara individu maupun kelompok, tapi juga memiliki kontribusi yang penting dalam mempengaruhi, mengubah hingga memperbaiki sikap dan perilaku antarmanusia. Komunikasi yang menjadi kajian multidisipliner ini pada titik tertentu tidak bisa diperbandingkan ataupun disamakan dengan konsep dakwah begitu saja. Hal ini terjadi karena, di antara keduanya terdapat perbedaan interpretasi baik dalam segi ruang lingkup, konteks dan aplikasinya. Akan tetapi, kontribusi komunikasi dibutuhkan untuk minimalnya merekonstruksi pola dakwah persuasif yang akan menjadi determinan perkembangan dakwah Islam sendiri. Sehingga, hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan dalam rangka memahami peranan ilmu komunikasi bagi dakwah, pada hakikatnya tidak hanya menempatkan dakwah sebagai <em>ruh</em> dan <em>ghayah</em> (tujuan) tapi juga menemukan interelasi dalam interaksi sosial yang utuh dalam suatu masyarakat.</p><p>                                                                                                  </p><p>Kata kunci: <em>K</em><em>omunikasi, konteks, interaksi sosial, dakwah.</em></p><p> </p>