PERILAKU KONSUMEN : PERPINDAHAN PENGGUNA MEREK SIM CARD BERBASIS GSM

Abstract

Salah satu pasar dengan persaingan ketat adalah pasar SIM Card dengan segmen pasar GSM. Masing-masing penyedia yang menggunakan segmen  ini  membangun  produk  dan fitur yang berbeda guna menciptakan kepuasan kepada pelanggan. Kualitas Pelayanan yaitu segala yang berkaitan dengan pelayanan baik itu positif maupun negatif. Sedangkan harga merupakan nilai suatu barang yang dinyatakan oleh uang sehingga merupakan satu-satunya unsur marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan. Jika produsen tidak dapat Kualitas produk Perpindahan merek adalah ketidakpuasan konsumen pada sebuah produkhingga akhirnya berpaling pada produk pesaing.Metode penelitian ini disebut kuantitatif karena data yang digunakan berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic. Sampel dan populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa pengguna GSM di Universitas Panca Marga Probolinggo dengan jumlah (kuota) yang diinginkan yaitu 38 responden.Untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian maka digunakan analisis Regresi Linear Berganda dan diolah dengan menggunakan prgram SPSS. Berdasarkan hasil uji-t didapatkan t hitung yang lebih kecil dari t tabel yaitu -1,280 untuk variabel kualitas produk (X1) dan 2,824  untuk harga (X2). Hal ini menunjukkan bahwa bauran variabel berpengaruh signifikan terhadap brand switching (Y).