STRATEGI DAKWAH DI KEDAI KOPI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEISLAMAN PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA BANDUNG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di kedai kopi dan strategi apa yang perlu disusun untuk kelancaran kegiatan dakwah dalam meningkatkan pemahaman keislaman khususnya pada generasi muda atau generasi milenial serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi kegiatan dakwah di kedai kopi. Penelitian ini menggunakan metode descriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan secara mendalam strategi dakwah melalui kegiatan di kedai kopi tersebut. Serta melakukan wawancara kepada pemilik, pelayan dan pengunjung kedai kopi. Zaman kontemporer saat ini dakwah tidak cukup dilakukan dari satu mimbar ke mimbar yang lain saja, diperlukan media baru sebagai perantara dalam menghapi tantangan dakwah saat ini khusunya bagi generasi milenial yang mengalami dampak besar dari perkembangan teknologi sehingga perlu penanaman nilai keislaman sebagai generasi yang diharapkan mampu membawa misi kebaikan untuk ummat. Tersebarnya kedai kopi khususnya di kota Bandung memudahkan dalam melebarkan sayap dakwah dengan mengadakan kegiatan positif yang dapat menjadi daya tarik baru bagi ummat dalam meningkatkan pemahaman keislaman. Hasil penelitian menunjukan adanya kegiatan dakwah yang disusun sebagai strategi dakwah di kedai kopi diantaranya, kajian keislaman, kuliah malam, majelis tato, seduh keliling, bincang buku, galang dana, open brewing, kajian tafsir bunyi serta adanya faktor pendukung dan penghambat dalam penyusunan strategi kegiatan dakwah.