PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya produksi terhadap laba bersih dengan volume penjualan sebagai variabel intervening. Studi dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI yang terdiri dari variabel (Y) laba bersih, (X) meliputi: biaya promosi (X1) dan biaya produksi (X2) dan (Z) volume penjualan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah biaya promosi, biaya produksi, volume penjualan dan laba bersih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel biaya promosi tidak ada pengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih dari hasil pengujian thitung 1.886 dan variabel biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih dari hasil pengujian thitung 3,095. Berdasarkan hasil rumus sobel test dari persamaan pertama variabel biaya promosi tidak ada pengaruh terhadap laba bersih dengan volume penjualan sebagai variabel intervening dengan nilai thitung sebesar 0,097, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh mediasi. Sedangkan dari persamaan kedua variabel biaya produksi tidak ada pengaruh terhadap laba bersih dengan volume penjualan sebagai variabel intervening dengan nilai thitung sebesar 0,065, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh mediasi.