Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru di Gugus II Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya

Abstract

Kemajuan dari bidang pendidikan tidak bisa terlepas dari peran serta guru dalam mendidik peserta didiknya. Guru memiliki peran yang sangat penting, sentral dan strategis, yaitu sebagai perencana dari sistem dan aktivitas yang ada, pelaksana dari rencana aktivitas, pengarah dan pengendali dari kegiatan-kegiatan belajar, evaluasi, pemberdayaan dan masih banyak lagi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya beberapa indikator dan kompetensi dan motivasi kerja guru di Gugus II Sekolah Dasar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya yang masih belum optimal, sehingga mempengaruhi kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data yang dihasilkan melalui studi dokumentasi dan studi lapangan berupa observasi dan kuesioner, dengan sampel sebanyak 72 responden, data hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan analisis jalur untuk mencari besaran pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru Gugus II Sekolah Dasar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa secara simultan kompetensi dan motivasi berpengaruh kuat terhadap kinerja guru Gugus II Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya dengan kontribusi sebesar 56,6%, dan sisanya yaitu 43,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. secara parsial motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 48,4%, sedangkan kompetensi hanya berpengaruh sebesar 8,2%.