PENDIDIKAN ISLAM DALAM PANDANGAN FAZLUR RAHMAN

Abstract

Ditengah pergulatan pendidikan Islam dan dunia modern yang menurut Rahman terdapat dikotomi, maka ia mencoba menyatukanya demi menemukan esensi pendidikan Islam yang sesuai dengan tuntutan zaman. Harapanya adalah dengan dipadukanya pendidikan modern dan Islam maka kelak akan muncul tokoh-tokoh muslim yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang luas tapi juga mampu berdialektika dengan realitas kehidupan sosial. Gagasan pemikiran pendidikan Fazlur Rahman berawal dari kegelisahanya akan anggapan bahwa pendidikan Islam ketinggalan jauh dibandingkan dengan Barat. Sampai pada batas tertentu, pandangan seperti ini dapat dibenarkan, ketika pendidikan itu dipandang dari sudut kemajuan di dunia ini saja Pendidikan Islam bagi Rahman adalah suatu yang integral dan saling terkait, baik itu ilmu keduniaan (sains) dan ilmu agama atau keahiratan. Berdasarkan pada pandangan Fazlur Rahman tentang pendidikan, setidaknya terdapat dua model pendidikan yang berasal dari gagasanya. Yang pertama adalah pendidikan Islam yang kritis dan kreatif dan selanjutnya pendidikan Islam yang menjunjung moralitas yang tinggi.