AKTIVASI KEMANDIRIAN SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII-A1 PUTRA SMP-IT RAUDHATUL ULUM SAKATIGA

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh seorang guru untuk membelajarkan siswa di dalam proses belajar atau secara sederhananya adalah guru mengajar dan siswa belajar. Dengan pembelajaran yang baik dan terarah akan menumbuhkan kemandirian siswa, akan tetapi saat ini kemandirian siswa di VIII-A1 Putra SMP-IT Raudhatul Ulum Sakatiga masih dirasakan rendah sehingga model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang digunakan oleh guru PAI diharapkan dapat menumbuhkan kemandirian (emosi, intelektual dan sosial) di kelas. Jenis penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Unuk teknik pengumpulan data menggunakan: observasi menggunakan observasi partisipasi yang bersifat pasif, observasi Wawancara menggunakan wawancara tidak terstruktur kepada informan. Dokumentasi digunakan untuk menuliskan apa yang benar-benar terjadi di lapangan dan mengabadikan proses kegiatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Triangulasi digunakan sebagai pembanding antara data observasi terhadap data wawancara dan data dokumentasi yang berkaitan. Berdasarkan data yang diperoleh dan kemudian dianalisis, maka penelitian ini adalah: Pada pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII-A1 adalah sangat baik dengan digunakannya jigsaw. Untuk kemandirian siswa berupa kemandirian emosi, intelektual dan sosial siswa di kelas VIII-A1 sangat baik, dikarenakan siswa merasa senang, siswa juga mengerti dengan materi pembelajaran dan interaksi sosial juga terjalin dengan sangat baik. Faktor yang menjadi pendukung berupa penghargaan, pujian, motivasi dan kontribusi anggota. Kemudian adalah pemberian informasi, arahan materi yang baik dan keakraban antara guru dengan siswa.Selanjutnya persiapan materi pembelajaran oleh guru dengan baik, pengelompokan siswa yang bersifat heterogen dan rasa empati terhadap sesama.