PENERAPAN DAUROH AL-QUR’AN BAGI SISWI KELAS X DI MADARASAH ALIYAH RAUDHATUL ULUM SAKATIGA INDRALAYA

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan dauroh al-Qur’an bagi Siswi Kelas X di Madrasah Aliyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya. Dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan dauroh al-Qur’an bagi Siswi Kelas X di Madrasah Aliyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas X4 MA Raudhatul Ulum sebelum mengikuti dauroh al-Qur’an tergolong tinggi sebanyak 4 orang (20%), tergolong sedang sebanyak 15 orang (75%) dan yang tergolong rendah sebanyak 1 orang (5%) atau pada kategori sedang yakni sebanyak 15 orang siswa (75 %) dari 20 siswa. Kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas X4 Madarasah Aliyah Raudhatul Ulum setelah mengikuti dauroh al-Qur’an yang tergolong tinggi sebanyak 8 orang (20%), tergolong sedang sebanyak 17 orang (75%) dan yang tergolong rendah sebanyak 5 orang (5%), atau pada kategori tinggi yakni sebanyak 8 orang siswa (40%) dari 20 siswa. Perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an siswa Kelas X4 Madarasah Aliyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya sebelum dan setelah mengikuti dauroh al-Qur’an dengan diambil df 40 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5 % = 2,42 dan ada taraf signifikansi 1 % = 2,02. Karena “t0” = 6,156 lebih besar dari tt, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatife diterima yaitu ada perbedaan signifikan antara kemampuan membaca kelas X4 MA Raudhatul Ulum sebelum dan setelah mengikuti dauroh al-Qur’an. Dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan metode dauroh al-Qur’an memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas X4 MA Raudhatul Ulum Sakatiga.