UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU PAI DI SDN 33 RAMBANG DANGKU KABUPATEN MUARA ENIM

Abstract

Dari judul tersebut penulis ingin mengetahui upaya kepala sekolah, serta pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah khususnya dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar karena kepala sekolah adalah pemimpin. Jadi, kepala sekolah harus bisa membimbing, membina guru-guru yang lainnya agar pendidikan di sekolah yang ia pimpin berkembang dengan baik terutama pada proses belajar mengajarnya. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru PAI di SDN 33 Rambang Dangku: Pertama, menjadikan guru yang berkompeten dalam bidangnya. Kedua, menjadi supervisor bagi guru dalam mempersiapkan bahan ajar. Ketiga, membantu untuk menjadi guru yang profesional dalam mengajar. Keempat,  memfasilitasi sarana dan prasarana bagi guru. Faktor-faktor yang mempengaruhi upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru PAI: Pertama, faktor pendukung, yang terdiri dari siswa, guru, wali murid, staf, kurikulum, dan sarana prasarana. Kedua, faktor penghambat, yang terdiri dari siswa, guru, bangunan sekolah dan sarana prasarana. Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru PAI: Pertama, mengadakan evaluasi kepada guru-guru. Kedua, pemberian motivasi. Ketiga, pembinaan disiplin tenaga kependidikan. Keempat, pemberian penghargaan.