Pola Pemanfaatan Ruang Rumah Susun dalam Bermain Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapat data tentang pola pemamfaatan ruang rumah susun dalan bermain anak usia 5-8 tahun di komplek PU Pasar Jumat Pondok Pinang. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian pola pemanfaatan ruang untuk bermain pada rumah susun yang ada di Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan didasari dengan bentuk interaksi sosial yang cukup baik pada warga sehingga mempengaruhi anak-anak di komplek ini untuk saling bermain dengan memanfaatkan sudut-sudut ruangan yang ada, baik yang berupa halaman parkir, taman bermain, halaman yang ada di belakang rumah, maupun di anak-anak tangga yang menuju ke lantai atas, serta ruangan yang ada dalam rumah. Anak-anak memanfatkan sudut-sudut ruangan tersebut sesuai dengan jenis permainan yang dikuasai. Merekapun juga mengembangkan daya kreatifitasnya dalam bermain dengan menggunakan alat permainan yang ada dan membuat aturan permainan sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu yang ada. Bentuk permainan yang digunakan adalah permainan besar dan permainan kecil