Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Mencatat Mind Mapping tehadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Energi dan Penerapannya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan teknik mencatat mind mapping memiliki pengaruh bagi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk desain penelitian, digunakan desain penelitian pretest-postest one group design. Dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen (O1) disebut pretest dan observasi sesudah eksperimen (O2) disebut posttest. dan disain kelompok kontrol hanya pretest-postes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes berbentuk uraian untuk mengetahui pengaruh mind mapping yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah siswa SMP AL-Hidayah Lebak bulus yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data hasil belajar menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari variable X terhadap variable Y. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran dengan teknik mencatat mind mapping terhadap keterampilan berpikir siswa pada materi energi dan penerapannya. Teknik mencatat mind mapping bisa meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.