Peningkatan Kompetensi Guru melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 43 Jakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi guru-guru SMA Negeri 43 Jakarta khususnya kompetensi guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajarna, dan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran siswa. Subjek penelitian adalah 15 orang guru SMA Negeri 43 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah model Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dari instrumen kompetensi guru. Hasil penelitian diperoleh data hasil penilaian terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah guru buat diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 83,53 meningkat pada siklus II menjadi 92,67, penilaian praktik pelaksanaan pembelajaran diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 85,40 meningkat pada siklus II menjadi 92,00, dan penilaian kemampuan guru terhadap hasil pembelajaran siswa diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 85,33 meningkat pada siklus II menjadi 92,80. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai. Simpulan penelitian ini adalah melalui supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 43 Jakarta.