Semangat Literasi Matematika pada Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Guna Meninggkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan  meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT)  di SMP Pangudi Luhur Jakarta kelas VII A pada materi Himpunan.  Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 30 orang siswa. Model pembelajaran TGT merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya menekankan pada pengembangan langkah-langkah model pembelajaran TGT. Pada penelitian sebelumnya langkah awal pada pembelajaran TGT adalah guru menyajikan materi, sedangkan pada penelitian ini memberikan kesempatan siswa lebih menggali pemahaman materi himpunan dengan literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan presentase ketuntasan kemampuan literasi matematika siswa selalu meningkat setiap siklus. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil kemampuan literasi matematika (level 1 dan 2 adalah 20%, sedangkan pada siklus 2 sebesar 45%, dan pada siklus III Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa adalah 40% (12 siswa), sedangkan pada siklus 2 sebesar 60% (18 siswa), dan pada siklus III sebesar 70% (21 siswa).Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  semangat literasi pada pengembangan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.