Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Team Quiz dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif teknik Team Quiz dan Snowball Throwing dan konvensional serta pengaruh strategi pembelajaran aktif teknik Team Quiz dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 203 Kalisari, Jakarta Timur. TehnikĀ pengambilan sampel menggunakan tehnik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 5,32 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikansi 5% atau (a = 0,05) dan derajat kebebasan (db = 70) yang berarti thitung > ttabel (2,37 > 1,66). Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi strategi pembelajaran aktif teknik Team Quiz dan Snowball Throwing lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional