Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penggunaan Strategi Inkuiri
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang kemampuan berpikir anak usia 5-6 tahun di sentra sains TK Labschool STAI Bani Saleh menggunakan strategi inkuiri. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2011/2012.Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan diawali dengan kegiatan pra penelitian. Hasil rata-rata praintervensi sebesar 56,80 %, pada siklus 1 hasil rata-rata 62,91 % dan siklus 2 mencapai rata-rata 79,68 %. Dari data tersebut terlihat adanya peningkatan yang signifikan di setiap siklus. Dengan demikian, proses pembelajaran dengan menggunakan strategi inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dikatakan sudah tercapai karena sebagaian besar indikator dalam kompetensi kemampuan berpikir kritis telah meningkat.Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi inkuiri dapat dijadikan salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Strategi inkuiri tersebut termasuk didalamnya lingkungan belajar, interaksi aktif antar anak dan juga guru, serta variasi kegiatan.