Pengaruh Persepsi atas Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris
Abstract
Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh persepsi atas kompetensi guru terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, pengaruh orang tua terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, pengaruh persepsi atas kompetensi guru dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di 2 MTs Swasta di Kabupaten Tangerang dengan sampel 100 siswa. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subyek-subyek didalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama. Pengumpulan data menggunakan instrument: angket, dan pengumpulan nilai bahasa inggris siswa. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji linieritas), sebelum uji regresi dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016 sampai bulan April 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi guru (X1) dan peran orang tua (X2) terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris (Y), hal ini dibuktikan oleh Fhitung =115,089 dan sig. 0,000 < 0.05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi guru (X1) terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris (Y), hal ini dibuktikan oleh nilai thitung = 2,372 dan sig. 0,020 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan peran orang tua (X2) terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris (Y), hal ini dibuktikan oleh thitung = 2,887 dan sig.0,005 < 0,05. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y= -40,730+0,229X1+0,258X2