Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Siswa di SMPN Negeri Kabupaten Tangerang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran terhadap keterampilan membaca bahasa inggris siswa, (2) adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan membaca bahasa inggris siswa (3) adanya pengaruh interaksi metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan membaca bahasa inggris siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan analisis ANOVA dua jalur. Sampel berukuran 48 siswa kelas VIII SMP Negeri di kabupaten Tangerang yang dipilih dengan teknik sampling bertahap yaitu : teknik sampling purposiv digunakan untuk menentukan tempat (sekolah) penelitian, teknik sampling acak sederhana digunakan untuk menentukan kelas penelitian (kelas eksperimen dan kelas kontrol), dan teknik sampling sistematis digunakan untuk menentukan anggota sampel dalam kelas penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Satu Atap Tamiang di Kabupaten Tangrang Banten. Pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan percobaan untuk metode pembelajaran penugasan, teknik kuisioner melalui angket untuk mendapatkan data kecerdasan emosional dan tes melalui tes tulis bentuk pilihan ganda untuk keterampilan membaca bahasa Inggris siswa. Analisis data terdiri dari : analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis data (uji normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis dengan ANOVA dua jalur. Uji statistik digunakan uji probabilitas (Sig.). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juli 2014. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran penugasan terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa dengan nilai Sig. 0,031 < 0,05, terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05, dan tidak terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa dengan nilai Sig. 0,144 > 0,05