Pengaruh Pemberian Tes Formatif yang Diberikan Umpan Balik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 88 Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian tes formatif yang diberikan umpan balik terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ”terdapat pengaruh pemberian tes formatif yang diberikan umpan balik terhadap hasil belajar matematika siswa”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 88 Jakarta Kelas VII (tujuh) pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012.Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian tes formatif yang diberikan umpan balik sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa.Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus product moment didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus alpha sebesar rhitung = 0,872 > 0,334 = rtabel maka dapat disimpulkan bahwa instrument reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,072 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,057 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,185 < 1,861 = Ftabel, hal ini berarti populasi dari dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung= 2,378 > 2,002 = ttabel dengan menggunakan  taraf signifikansi ? = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka terdapat pengaruh pemberian tes formatif yang diberikan umpan balik terhadap hasil belajar matematika siswa