Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Berbantuan Macromedia Flash Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015

Abstract

Sistem pembelajaran matematika saat ini masih banyak yang menggunakan metode konvensional seperti ceramahyaitu guru menerangkan di depan kelas sedangkan siswa mencatat, mendengarkan dan mengerjakan soal latihan yang diberikan guru, metode ini menitikberatkan pada penyampaian materi atau bahan ajar secara langsung, mengembangkannya diperlukan model pembelajaran yang cocok. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran SAVI memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran Konvensional pada materi kubus dan balok, (2) apakah motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Purworejo. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert, instrumen penelitian telah diuji cobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan Macromedia Flash memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, tidak ada perbedaan hasil belajar antara motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah pada materi kubus dan balok, tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok.