Kinerja Tugas Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Bersertifikat ISO 9001 di Jawa Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan, komitmen professional, dan integritas kinerja tugas. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survey dan teknik analisis jalur. Populasi dalam penelitian adalah guru SMK Negeri yang bersertifikat ISO 9001 di Provinsi Jawa Barat. Sampel penelitian sebanyak 220 guru yang dipilih menggunakan teknik acak sederhana. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner serta dianalisis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap kinerja tugas, perbaikan pemberdayaan akan mengakibatkan peningkatan kinerja tugas; (2) Komitmen professional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja tugas, peningkatan komitmen professional akan mengakibatkan peningkatan kinerja tugas; (3) Integritas berpengaruh langsung positif terhadap kinerja tugas. peningkatan integritas akan mengakibatkan peningkatan kinerja tugas; (4) Pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap integritas, perbaikan pemberdayaan akan mengakibatkan peningkatan integritas; (5) Komitmen professional berpengaruh langsung positif terhadap integritas, peningkatan komitmen profesional akan mengakibatkan peningkatan kinerja tugas.