Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di XI-IPA 2 SMA Negeri 9 Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi trigonometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas XI-IPA 2 SMA Negeri 9 Jakarta. Waktu penelitian pada Semester I Tahun Pelajaran 2013-2014. Subjek penelitian peserta didik kelas XI-IPA 2 SMP Negeri 9 Jakarta yang berjumlah 40 peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data adanya peningkatan hasil tes akhir tiap siklus yaitu pada pra siklus rata-rata hasil belajar sebesar 61,25 dengan ketuntasan belajar 12,50%, pada Siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 69,50 dengan ketuntasan belajar 42,50%, pada Siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik mencapai 77,50 dengan ketuntasan belajar 72,50%, dan pada Siklus III diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 82,00 dengan ketuntasan belajar 87,50%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika materi trigonometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas XI-IPA 2 SMA Negeri 9 Jakarta.