Profil Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Matematis Mahasiswa
Abstract
Salah satu sikap ilmiah adalah memiliki rasa ingin tahu (curiosity). Rasa ingin tahu (curiosity) sangat diperlukan dalam hidup di zaman sekarang ini, jika tidak, pasti akan tertinggal informasi yang berkembang sangat pesat, sepertinya juga berlaku pada pembelajaran. Khususnya dalam pembelajaran matematika, sikap ini harus selalu dan perlu diasah dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan memaparkan dan mendeskripsikan secara komprehensif sikap ilmiah curiosity matematis mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 4 FKIP Universitas Islam Riau tahun akademik 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas paralel dan berjumlah 61 orang. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket curiosity. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan rasa ingin tahu (curiosity) mahasiswa tergolong ‘baik’, ini ditandai dengan banyaknya mahasiswa yang memilih ‘selalu dan sering’ untuk pernyataan positif adalah 68% dan yang memilih ‘jarang dan tidak pernah’ untuk pernyataan negatif adalah 83%, dengan rata-rata persentase 76%. Ini menunjukkan bahwa adanya rasa ingin tahu (curiosity) terhadap matematika. Namun perlu penelitian lanjut, bagaimana mengasah sikap ilmiah ini dalam pembelajaran matematika, pembelajaran efektif apa yang cocok dalam mengasah sikap ilmiah ini.