Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Fisika terhadap Kemampuan Literasi Sains

Abstract

Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Langsung Perhatian Orang Tua terhadap kemampuan literasi Sains, pengaruh langsung Kreativitas Siswa terhadap Kemampuan Literasi Sains ,pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap kreativitas siswa, pengaruh tidak langsungĀ  perhatian orang tua terhadap Kemampuan Literasi Sains melalui kreativitas Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel berukuran 96 orang yang diambil secara random dan berstrata berdasarkan perbandingan jumlah siswa di SMA dan MA diwilayahTebet Jakarta Selatan. Uji statistik dengan bantuan SPSS. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober sampai dengan Januari 2015. Hasil penelitian menunjukan: (1)Terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap kemampuan literasi sains ditunjukkan dengan koefisien korelasidan t Hitung 0,435 dan 3,095,(2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kreativitas siswa terhadap kemampuan literasi sains dengan koefisien korelasidan t Hitung,0,679 dan 3,931`(3)Terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap kreativitas siswa ditunjukkan angka koefisien korelasidan t Hitung 0,517 dan 5,862dan (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap kemampuan Literasi Sains melalui kreativitas siswa dengan koefisien korelasi dan t Hitung 0,438 dan 4.528