Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris dengan Teknik Mind Mapping pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis bahasa Inggris mahasiswa dengan teknik mind mapping di STKIP Kusuma Negara, Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Classroom Action Research. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan. Tahapan tersebut adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan  dengan sampel 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan  data dengan wawancara, observasi dan test. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan menulis bahasa Inggris mahasiswa dengan teknik mind mapping yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan 72% serta nilai rata-rata83.24. Pada siklus I terdapat 28 % mahasiswa yang sudah tuntas atau melebihi KKM yaitu 80, dengan nilai rata-rata 75.68, pada siklus II terdapat 72 % atau nilai rata-rata 83.24. Mahasiswa memberikan respon yang baik selama proses pembelajaran, mereka antusias dan bersemangat ketika menulis bahasa Inggris dengan teknik mind mapping. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris mahasiswa di STKIP Kusuma Negara.