Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Kota Bekasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis argumentasi. Mengetahui pengaruh penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis argumentasi. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis argumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Sampel penelitian adalah 50 siswa kelas XI yang dipilih secara random dari seluruh siswa kelas XI SMK Walisongo Kota Bekasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara memberikan tes tertulis kepada sejumlah sampel penelitian. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh penguasaan kosakata dan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis argumentasi sebagai berikut: terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan  kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 8,364 dan Sig. 0,001 < 0,05. Secara bersama-sama variabel bahwa secara bersama-sama variable penguasaan kosa kata dan penguasaan kalimat memberikan kontribusi sebesar 26,2 % terhadap variabel kemampuan menulis argumentasi. Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 3,062 dan Sig. 0,004 < 0,05. Variabel penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 13,67  % dalam meningkatkan  kemampuan menulis argumentasi. Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh yang signifikan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,948 dan Sig. 0,005 < 0,05. Variabel penguasaan kalimat memberikan kontribusi sebesar 12,58 % dalam meningkatkan  kemampuan menulis argumentasi.