Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar IPS
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar dan kecerdasan Interpersonal secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Negeri di wilayah Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan, dengan metode penelitian survei. Responden penelitian siswa berjumlah 50 orang dipilih berdasarkan teknik acak sederhana (simple random sampling) dan (Proporsional sampling). Instrumen penelitian menggunakan angket prestasi belajar IPS sebagai variabel terikat sedangkan Motivasi belajar (X1) dan Kecerdasan Interpersonal (X2) sebagai variabel bebas. Instrumen penelitian telah diuji cobakan dengan pengujian validitas dan reliabilitas mengunakan Program Microsoft Excel 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey Method, Teknik analisis data yang digunakan model analisis Regresi untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat. Uji statistika menggunakan uji-t. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda.Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS pada siswa SMP Negeri di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Hasil pengujian signifikansi diperoleh thitung (3,039) > ttabel (1,677).; 2) Kecerdasan Interpersonal berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Hasil pengujian signifikansi diperoleh thitung (2,477) > ttabel (1,677); 3). Motivasi belajar dan Kecerdasan Interpersonal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS, dengan koefisien korelasi ganda ry.12 = 0,801. Motivasi belajar dan Kecerdasan Interpersonal secara bersama-sama menyumbang sebesar 64,1% terhadap variasi prestasi belajar IPS melalui persamaan regresi ganda ? = 4,316 + 0,103 X1 + 0,064 X2 yang signifikan dengan (Fhitung (41,956) > Ftabel (3,19) pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS dengan Analisa Regresi : ? = 4,316 + 0,103 X1 + 0,064 X2.