Semantik Priming dalam Pengenalan Kata-kata Berbahasa Inggris

Abstract

Pengenalan kata-kata berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan seseorang, khususnya siswa dalam melihat hubungan kata-kata baik secara rasional dan empirik. Rasional yaitu mampu melihat dan mempertimbangkan kata menggunakan pemikiran bersistem logis yang sesuai dengan keadaan nyata. Selain itu, mampu melihat kata secara empirik dengan melalui pemikiran yang diperoleh dari pengetahuan berdasarkan pengalaman yang telah diamati atau dialami secara langsung. Kedua hal tersebut menjadi sangat penting bagi siswa pada tingkatan pendidikan tinggi untuk mengembangkannya dalam pengenalan kata-kata berbahasa Inggris. Semantik priming yang merupakan bagian dari psikolinguistik adalah sebuah teknik dalam metode dasar pengenalan katadengan mengidentifikasikan sebuah kata terkait dengan arti yang terdapat di dalamnya. Semantik priming dapat memperlihatkan proses identifikasi pengenalan kata terkait dengan artinya dalam diri seseorang menjadi lebih mudah. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan sebuah kajian penelitian menggunakan analisis kualitatif  dengan pendekatan psikolinguistik melalui penerapan semantik priming dalam pengenalan kata-kata berbahasa Inggris yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan proses serta manfaat penerapan semantik primingdalam melihat tingkat kemampuan pengenalan kata-kata berbahasa Inggris siswa di tingkat pendidikan tinggi secara rasional, empirik dan berbagai faktor yang menyertai di dalam dan di luar diri setiap individu.