Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta

Abstract

Salah satunya konsep penting mewujudkan pendidikan yang bermutu adalah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), dengan demikian perlu suatu upaya yang serius dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang Implementasi Manajemen Berbasis sekolah dalam Meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pimpinan Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta yang terbagi menjadi Kepala Madrasah, wakil Kepala Madrasah, Kepala Bagaian Tata Usaha, Guru, Komite Madrasah, dan Orang Tua yaitu tentang bagaimana proses dan tahap implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dapat disimpulkan implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dikaji berdasarkan program-program kerja tahunan dan proses kegiatan dan pembelajaran peserta didik, serta faktor pendukung lainnya seperti, kelengkapan fasilitas dan sarana prasarana, kegiatan ekstrakurikuler siswa, dan penekanan pada iman, taqwa dan akhlakul karimah membuat sekolah ini unggul dan kompetitif, ditambah lagi dengan sumber daya manusia (guru) yang berkualitas dan sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Dengan kewenangan penuh yang dimiliki oleh sekolah, madrasah ini mampu mengelola dan mengembangkan diri, serta membuat standar pembelajaran, standar proses, standar pelayanan untuk menuju Madrasah yang bermutu, kemudian pada tahun 2008 Madrasah ini mendapatkan kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Agama sebagai Madrasah Berstandar Nasional. Tentunya dengan dorongan dan bantuan baik itu masyarakat, orang tua, komite dan stakeholder pendidikan lainnya. Diharapkan madrasah ini mampu bertahan dan terus untuk meningkatkan mutu pembelajaran, pelayanan, pendidikan, dan output yang kompetitif, serta kerjasama semua stakeholder pendidikan, dan menjadi acuan bagi pengembangan sekolah lain dan pendidikan dalam menghadapi persaingan global.