Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Politik Luar Negeri Indonesia dan Sikap Cinta Tanah Air di Kelas VI SDN Mekarjaya 11 Kota Depok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Politik Luar Negeri Indonesia dan Sikap Cinta Tanah Air pada Siswa Kelas VI SDN Mekarjaya 11. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Februari-Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning membuat siswa terpacu berpikir secara mandiri untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Pada siklus I pembelajaran dengan model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata berupa pemahaman konsep pada materi Politik Luar Negeri Indonesia sebesar 7,15 dan skor sikap cinta tanah air sebesar 84. Pada siklus II pembelajaran dengan model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata berupa pemahaman konsep pada materi Politik Luar Negeri Indonesia sebesar 7,5 dan skor sikap cinta tanah air sebesar 85. Pada siklus III pembelajaran dengan model Problem Based Learning didapat nilai rata-rata berupa pemahaman konsep pada materi Politik Luar Negeri Indonesia sebesar 8,3 dan skor sikap cinta tanah air sebesar 90.