Evaluasi Program Pendidikan Kecakapan Hidup pada Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan Nasional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah evaluasi berbagai kebutuhan pada peningkatan keterlaksanaan program, perencanaan program, proses pelaksanaan program, serta hasil dari pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian CIPP (context, input, process, product). Evaluasi program dengan metode CIPP dengan tujuan dapat menganalisis setiap aspek dalam pelaksanaan program yaitu evaluasi context pada kebutuhan program, evaluasi input pada perencanaan program, evaluasi process pada pelaksanaan program dan evaluasi product pada hasil pelaksanaan program. Hasil penelitian yang diperoleh, pada evaluasi context yaitu kebutuhan program dan identifikasi populasi target, telah dilaksanakan dengan cukup baik. Pada evaluasi input, yaitu perencanaan  dan pelaksanaan yang mendapat cukup dukungan dari berbagai sumberdaya. Pada evaluasi process, yaitu pelaksanaan program dan menganalisis berbagai hambatan dan juga kendala dalam pelaksanaan program.Pada evaluasi product, yaitu mengukur hasil pelaksanaan program dengan berbagai indikator.Pada dasarnya program ini berjalan dengan baik. Dalam aspek kuantitatif, kelulusan peserta program dapat diukur, akan tetapi program ini belum memiliki alat ukur yang efektif dalam mengukur kebehasilan program secara kualitatif.