Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Local Learning pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengemukakan hasil analisis kebutuhan bahan ajar Bahasa Inggris Sekolah Dasar Berbasis Local Learning. Data dalam artikel ini dikumpulkan melalui penyebaran angket yang diisi oleh dua orang guru Bahasa Inggris dan 26 orang siswa kelas III SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan semester ganjil, tahun ajaran 2018/2019, lalu dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek kajian dalam artikel ini mencakup: 1) kesesuain KI dan KD, 2) bahan ajar yang digunakan guru, dan 3) kebutuhan guru dan siswa terkait bahan ajar berbasis Local Learning. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Semua materi pada bahan ajar sudah sesuai dengan KI dan KD 2) Guru dan siswa menggunakan bahan lain selain buku dari sekolah untuk membantu dalam memahami suatu materi; dan 3) Guru dan siswa membutuhkan bahan ajar berbasis Local Learning yang dapat digunakan untuk mempelajari materi noun dan adjective. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa bahan ajar berbasis Local Learning diperlukan. Kata kunci: Analisis, Bahan Ajar, Bahasa Inggris, Local Learning.