Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris Pengaruh Kemampuan Awal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis regresi sederhana. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang merupakan konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sehingga memungkinkan teknik analisa statistik. Penelitian dilaksanakan di SMK Informatika Bina Generasi Kabupaten Bogor tahun ajaran 2018/2019 kelas X dengan jurusan Multimedia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Tahap yang dilakukan sebanyak 3 stage (tahap), yaitu: tahap pertama memilih kelompok belajar (pada penelitian ini, yang dipilih kelompok belajar reguler), tahap kedua memilih kelas (rombongan belajar), dan tahap ketiga memilih subjek penelitian (siswa). Pengumpulan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data peneliti adalah tes sebanyak 10 soal Uraian untuk kemampuan awal dan 10 soal untuk prestasi belajar matematika. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan pada taraf signifikan 0,05, maka diperoleh Fhitung > Ftabel ( 4,46 > 3,00) maka H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika.