Pengetahuan Guru Tentang Konstruksi Tes, Penguasaan Materi Pelajaran Sains Dengan Reliabilitas Tes Buatan Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris hubungan pengetahuan guru tentang konstruksi tes, penguasaan materi pelajaran sains dengan reliabilitas tes buatan guru . Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Multistage random sampling. Penetapan tehnik ini berdasarkan pertimbangan bahwa  sampel yang diharapkan sebagai unit analisis dapat menyebar secara merata agar proposional dan representatitif. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data tentang pengetahuan guru tentang konstruksi tes dan penguasaan materi pelajaran sains menggunakan tes dengan bentuk pilihan ganda dan  reliabilitas tes buatan guru menggunakan tehnik dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan hubungan pengetahuan guru tentang konstruksi tes dan penguasaan materi pelajaran sains secara Bersama – sama dengan reliabilitas tes buatan guru adalah positif dan sangat signifikan.