Perbaikan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika  siswa kelas III melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SDN Kapuk Muara 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan teknik penelitian tindakan kelas, yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh guru dan peneliti  untuk memperbaiki pengajaran dengan cara melakukan perubahan dan mempelajari akibat dari perubahan itu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes akhir siklus dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Matematika dengan penerapan model kooperatif tipe STAD mampu memperbaiki penguasaan konsep siswa menjadi lebih baik. Hasil yang diperoleh daya serap pada siklus I adalah 51.163%, kemudian diperbaiki pada siklus II dengan hasil daya serap kelas adalah 90.69%. Hal ini menunjukkan kemajuan dimana siswa telah mendapatkan hasil belajar yang baik dari siklus I.