Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Mini melalui Pembelajaran Secara Bertahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis bawah bola voli mini melalui pembelajaran secara bertahap di kelas V Sekolah Singapore School, Kelapa Gading tahun ajaran 2018 / 2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap pretest, tahap siklus I dan tahap siklus II. Tindakan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan April 2019 dengan subjek penelitian siswa kelas V Sekolah Singapore School, Kelapa Gading sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes praktik servis bawah, lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, dan angket tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengungkap hasil ketuntasan belajar klasikal siswa. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan servis bawah bola voli siswa kelas V Sekolah Dasar Singapore School, Kelapa Gading tahun pelajaran 2018/2019. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) pembelajaran secara bertahap dapat menjadi alternatif bagi guru PJOK untuk diterapkan pada materi servis bawah bola voli, (2) guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif, tidak terlalu lama bermain sehingga menyita waktu pelajaran, dan melakukan pendampingan selama proses pembelajaran.