Studi Perbandingan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang antara Teknik Komunikasi Online dengan Komunikasi Interpersonal Tahun Akademik 2019/2020

Abstract

Penelitian ini mengambil judul Studi Banding Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang Antara Komunikasi Online dan Komunikasi Interpersonal Tahun Akademik 2019/2020. Peneliti bermaksud untuk mengetahui implementasi dan perbandingan antara teknik komunikasi online dan komunikasi interpersonal terhadap layanan penerimaan siswa baru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif termasuk analisis deskriptif dengan purposive sampling. Subjek penelitian adalah pendaftar mahasiswa baru Universitas Hasyim Asyari pada tahun akademik 2019/2020 dari 1.345 pelamar untuk Angkatan I, II, III dan IV. Para peneliti mengambil 30 informan untuk melakukan wawancara. 10 informan dari pelamar melalui komunikasi online, 10 dari pelamar melalui komunikasi interpersonal dan 10 dari petugas layanan dan komite Penerimaan Mahasiswa Baru. Hasil dari penelitian menunjukkan pelayanan penerimaan mahasiswa baru melalui pendaftaran komunikasi online mengalami kendala (miskomunikasi) dalam melakukan pendaftaran sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu konfirmasi dari petugas pelayanan. Sedangkan penaftaran melalui komunikasi interpersonal tidak terdapat kendala , proses pendaftaran cepat dan informasi yang didapatkan lebih jelas karena bertatapmuka secara langsung dengan petugas pelayanan. Meski  terdapat kendala  pada pendafataran melalui online universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang harus tetap meningkatkan sistem pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru.