Kompetensi Kepribadian Widyaiswara dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat Prajabatan CPNS K1/K2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi kepribadian Widyaiswara terhadap hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah  peserta diklat prajabatan K1/K2 golongan III DKI Jakarta tahun 2019 yang berjumlah 166 peserta. Dalam pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan derajat kepercayaan 95%. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi kerpibadian widyaiswara berpengaruh terhadap hasil belajar peserta diklat prajabatan. Hal ini terlihat dari hasil analisis data di mana nilai koefisien determinasi sebesar 0,307 yang menginformasikan bahwa kompetensi kepribadian widyaiswara memberikan kontribusi sebesar 30,7% dari hasil belajar, sedangkan sisanya dipegaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini. Sedangkan nilai koefisien regresi sebesar 3,076 menginformasikan adanya pengaruh yang positif dari kompetensi kepribadian widyaiswara terhadap hasil belajar. Artinya semakin baik kompetensi kepribadian widyaiswara maka hasil belajar akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. Nilai koefisien ini juga mengartikan hasil belajar akan meningkat sebesar 3,076 pada setiap kenaikan satu-satuan dari kompetensi kepribadian widyaiswara.