Respon Siswa terhadap Pembelajaran Seni Tari Nusantara Berbantuan Media Audio Visual di SMA Negeri 2 Ciamis
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap seni tari nusantara di SMA Negeri 2 Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan triangulasi untuk analisis data. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak dari kelas X, XI dan XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di SMA Negeri 2 Ciamis menunjukkan bahwa hanya 40% siswa yang memberikan respon positif pada aspek afektif tentang tari nusantara. Hal ini dikarenakan siswa SMA Negeri 2 Ciamis tidak mendapatkan pelajaran seni tari nusantara sehingga responnya kurang baik dari sisi sikap, emosi dan impresinya.