Pengaruh Locus of Control dan Perceived Organizational Support pada Organizational Citizenship Behavior Guru SMA Negeri di Kotamadya Sukabumi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh locus of control (LOC), dan perceived organizational support (POS) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) Guru SMA Negeri di Kota Sukabumi, ini diltarbelakangi oleh pentingnya OCB guru, karena disamping seorang guru harus melaksanakan tugas pokoknya (in-role performance) sebagai guru, disamping itu guru harus mempunyai perilaku sukarla (extra-role performance) di luar tanggung jawabnya melaksanakan tugas utamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung; positif  (1) LOC terhadap OCB guru, (2) POS terhadap OCB guru, dan (3) LOC terhadap POS. Dalam rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei dengan analisis jalur yang diterapkan dalam pengujian hipotesis. Populasi target dalam penelitian ini adalah semua guru di SMA Negeri Kota Sukabumi, sebanyak 70 orang guru sebagai sampel dari populasi sebanyak 85 guru, dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif LOC terhadap OCB, dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,259. (2) terdapat pengaruh langsung positif POS terhadap OCB, dengan  nilai koefisien jalur sebesar 0,340. (3) terdapat pengaruh langsung  positif LOC terhadap POS, dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.361. Hal ini memberikan makna bahwa untuk meningkatkan OCB guru di SMA Negeri kota Sukabumi dapat dicapai melalui peningkatan LOC, dan POS.