Hubungan Kecerdasan Linguistik dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas III SD Negeri Se-Kelurahan Cipete Utara Jakarta Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas III SD Negeri Se-Kelurahan Cipete Utara, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri se-Kelurahan Cipete Utara dengan sampel 40 siswa yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling dan proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur keterampilan menulis ringkasan dan angket untuk mengukur kecerdasan linguistik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah descriptive analysis pada setiap variabel yang terdiri dari nilai maksimum, minimum, mean, median, modus, varians, dan standar deviasi, sementara inferential analysis mencakup analisis regresi, analisis sederhana, dan koefisien korelasi. Berdasarkan analisis perhitungan data, didapat hasil koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,851. Dan uji koefisien korelasi dengan uji-t diperoleh harga thitung sebesar 9,987. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis ringkasan.