Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN Gugus Nagari Andiang Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian adalah True Eksperimen Design dengan bentuk Two Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDNĀ  02 Andiang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 03 Andiang sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 8 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh thitung > ttabel yakni 6,08 > 1,860 dengan ? =0,05 yang berarti H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran, yakni pada kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 70,63. Sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN Gugus Nagari Andiang Kabupaten Lima Puluh Kota