Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Guguak

Abstract

Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Guguak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model make a match terhadap hasil belajar siswa tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Guguak. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t  dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 2,41  > ttabel = 1,68. Hasil belajar diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari rata-rata kelompok kontrol= 72,8 dan rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen = 81,2.