Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Everyone IsTeacher Here dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 23 Koto Tengah Kabupaten Agam

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meggambarkan peningkantan hasil belajar siswa menggunakan model Everyone Is Teacher Here dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 23 Koto Tangah, Kabupaten Agam. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus satu terdiri dari dua pertemuan dan siklus dua terdiri dari satu pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 4 sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas IV SD Negeri 23 Koto Tangah, Kabupaten Agam yangberjumlah 20 orang. Hasil penelitian membuktikan kenaikan yaitu : a) RPP siklus I  83,33% (baik) dan siklus II 97,22% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 85% (baik) dan siklus II 92,5% (sangat baik), sedangkan aktivitas siswa pada pelaksanaan siklus I 86,25% (baik), dan siklus II 92,5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 78,36 serta persentase 65% dan siklus II dengan rata-rata 93,75 serta persentase 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.