Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Numbered Head Together pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar
Abstract
Pada dasarnya tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe NHT di kelas IV SDN 03 Taeh Bukik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 03 Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) perencanaan siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata nilai 66,66% dengan kualifikasi cukup dan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 75,00% (C) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 83,33% (B), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru dan aspek siswa siklus I pertemuan I memperoleh nilai 69,44% (C) dan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 77,77% B) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata niai 83,33% (B). c) hasil belajar siswa pada siklus I Pertemuan I memperoleh rata-rata nilai 70,38% (C) dan pertemuan II dengan nilai rata-rata 79,45% (B), dan kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 85,21% (B).