Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Modeltake And Give di Kelas V SD Negeri 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar tema 1 menggunakan model Take and Give di kelas V SD Negeri 08 Koto Gadang Kec.IV Koto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II 1 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan peserta didik kelas V SD Negeri 08 Koto Gadang Kec.IV Koto yang berjumlah 24 orang.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yaitu: a) hasil pengamatan RPP pada siklus I 83,08%, meningkat pada siklus II menjadi 93,18%. b) hasil aktivitas guru pada siklus I 85,36%, meningkat pada siklus II menjadi 93,18%. c) hasil aktivitas peserta didik pada siklus I 83,95%, meningkat pada siklus II menjadi 93,18%. d) penilaian hasil belajar peserta didik, pada siklus I rata-ratanya yaitu 73,25dengan persentase 33,3%, lalu meningkat pada siklus II menjadi 86,26 dengan persentase 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar tema 1.