Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di kelas V SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Candung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus di mana siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan, yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 16 peserta didik. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata 76,68 meningkat pada siklus II menjadi 92,5.