Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX-1 SMPN 3 Pasir Penyu Melalui Model Learning Community

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Learning community merupakan salah satu modelĀ  yang dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas. Siswa dituntut aktif dengan memegang peran masing-masing untuk saling bertukar pengetahuan dalam komunitas belajar untuk memahami materi sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX-1 dengan menggunakan model learning community. Dengan terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan, aktivitas guru maupun siswa meningkat berakibat meningkatnya hasil belajar siswa, terlihat pada siklus 1 rata-rata hasil belajar 66 meningkat pada siklus 2 menjadi 74. Pada siklus 1 persentase siswa yang tuntas 72,4% meningkat pada siklus 2 menjadi 89,6%, terjadi peningkatan 17,2%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran learning community dapat meningkatkan hasil belajardan ketuntasan siswa dalam mata pelajaran IPS.